Tips dan Trik di Google Scholar

Untuk para akademisi, google scholar sudahlah tidak asing lagi. Tetapi mungkin yang banyak tidak kita ketahui adalah kegunaannya yang bukan sekedar mencari materi akademi yang anda inginkan. Ada gunanya yang lain juga loh!

Mendapatkan Paper Berbayar

Terkadang anda ingin membaca sebuah paper atau jurnal ilmiah, tetapi sayangnya paper yang anda inginkan mengharuskan anda untuk berlangganan sebuah institusi ilmiah atau sejenisnya. Dan umumnya anda harus bayar dengan jumlah yang tidak sedikit. Tetapi jangan berkecil hati, anda bisa mendapatkannya melalui google scholar! *cara ini tidak 100% selalu berhasil, tergantung pahala*

  1. Masukkan judul paper yang anda inginkan di search box google scholar
  2. Ketika anda sudah mendapatkan apa yang anda cari, anda cari tulisan “All XXX versions” tepat di bawah deskripsi paper yang anda inginkan. Jika tidak ada, berarti tidak bisa, kalo ada ke step berikutnya.
  3. Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, liat item yang ada [PDF] nya maka anda bisa mendownload paper itu langsung tanpa bayar! Kalo ada, kalo tidak ada ya berarti tidak bisa. Perlu juga diperhatikan bahwa mungkin versi paper yang anda dapatkan berbeda dari yang anda inginkan. Perhatikan tahun penerbitan papernya.

Mengutip Paper

Untuk mengutip paper di bagian reference terkadang merepotkan, harus dimasukkan tahun penerbitan lah, nama conference lah, nama penulis yg (kadang) aneh2 lah, dll. Sangat menyusahkan sekali, apalagi ketika deadline sudah semakin dekat. Tetapi jangan bersedih dan bermuram durja, google scholar bisa bantu loh!

  1. Masukkan judul paper yang anda inginkan di search box google scholar
  2. Di bawah descripsi paper, klik tulisan “Cite”.
  3. Akan muncul pop up kecil yang menyediakan 3 style penulisan referensi. Pilih gaya penulisan yg cocok dengan konferensi atau jurnal yang anda ikuti. Catatan, untuk IEEE conference, gaya penulisan reference adalah “chicago”.

Demikian, semoga membantu dan makin maju sains dan teknologi Indonesia! Amin~ Kalo ada fungsi-fungsi dari google scholar yang berguna tapi belum disebutkan di sini tolong di share juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *