Menyimpan (Back Up) Foto anda Di Internet

EDIT: I’m not doing this again, instead I pay 2USD/month for Google Drive for 100GB. If you want to get 1,000GB for free from Flickr, continue to read.

Membackup foto anda di internet itu sangatlah penting, karena anda tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi dengan storage fisik anda. Mungkin handphone anda dicuri, hard disk anda ngadat, atau komputer anda tiba-tiba hilang!

Untuk menyimpan foto di internet, anda bisa menggunakan flickr. Flickr adalah layanan sharing foto dari yahoo yang punya storage sampai 1 TB! 1 TB itu sekitar 1.000 GB loh. Seumur hidup pun mungkin storage flickr anda gak akan penuh2. Dan itu gratis.

Tetapi sayangnya untuk store foto anda di flickr, anda harus melakukannya menggunakan interface web. Repot kalau anda punya banyak foto di dalam banyak folder. Untuk memperlakukan flickr selayaknya folder anda di komputer, anda harus menggunakan third party software. Software tersebut adalah PicBackMan! Dengan PicBackMan anda bisa menentukan folder di komputer anda yang foto-foto di dalamnya akan disimpan di flickr. Foto anda pun privacy-nya akan langsung di set sebagai private alias tidak ada orang lain yang bisa lihat. Sehingga flickr pun berfungsi selayaknya foto storage alih-alih sebagai foto sharing.

Sebenarnya anda bisa juga upload di facebook, drive, dll. tapi untuk privacy, kapasitas (1 TB..!), dan kemudahan flickr + picbackman adalah pilihan tepat. Bonus lainnya adalah: interface web flickr itu sangat-sangat mudah. Enak dan mudah untuk liat foto menggunakan flickr dibanding menggunakan program apapun di komputer anda.

Untuk mendaftar flickr langsung aja di flickr.com, jangan lupa juga untuk daftar dan download PicBackMan (nitip link referal saya).

Catatan:

Untuk PicBackMan, anda dibatasi untuk mengupload sebanyak 500 foto perbulan melalui software ini. Tidak masalah jika sebelumnya anda belum punya foto, karena 500 foto sebulan sebenarnya banyak juga, tetapi jika anda sudah punya ribuan foto di komputer anda, mungkin akan merepotkan. Anda bisa menambah batasnya dengan mengajak orang lain (teman, kakak, orang asing di internet, dll) untuk daftar aplikasi ini, seperti yang saya lakukan dengan post ini.

Untuk keamanan, flickr sudah menggunakan https saat mengupload, jadi setidaknya teman kantor anda yang menggunakan wifi yang sama tidak akan bisa lihat gambar-gambar anda. Jadi celah keamanannya ada di server flickr di sana (hampir tidak mungkin untuk di hack) atau di PicBackMan (update:mereka tidak menyimpan password kita di server mereka, jadi sepertinya sangat aman). Intinya kecuali anda adalah seorang public figure yang suka foto yang aneh2, saya rasa menggunakan ini aman.

Untuk yang menggunakan raw files, flickr tidak akan menyimpannya.

Disclaimer: saya tidak bertanggung jawab atas implikasi buruk dari isi post ini terhadap foto dan video anda. Kalo implikasinya baik, saya terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *