Peralatan Photography Saya

Saya bukan professional atau expert, cuman pemula yang pengen punya alat ngambil poto yang jauh lebih bagus dibandingkan kamera handphone. Minggu lalu baru beli kamera dan aksesoris2nya. Seperti ini sekarang gear saya:

Sony Nex-5T +Lens Kit 16-50 mm (544,000 won)

Ini model tahun lalu, model penggantinya, A5100, baru aja nongol, jadi harga kamera ini relatif murah jika dibandingkan dengan fitur2nya. Fitur2 yang bikin saya ngebet punya adalah; ukuran yang kecil banget, hybrid auto focus, lcd yang tilted atas bawah, sensor aps-c, dll. Untuk merek lain, kecuali samsung, untuk mendapatkan fitur2 ini harganya lebih mahal.

Ini adalah kamera tipe mirrorless, singkatnya, kamera DSLR tapi tidak ada mirror, akibatnya jadi lebih kecil (banget) tapi tidak ada viewfinder (jarang dipake juga). Salah satu penentu kualitas jepretan gambar dari sebuah kamera adalah besar sensornya. Kenapa kamera handphone dan kamera pocket foto2nya itu jelek, itu karena sensornya sangat kecil. Kamera mirrorless umumnya punya sensor seukuran sekitar 370mm persegi, ukuran ini umumnya ditemui di kamera DSLR entry-level. Sebagai perbandingan, kamera pocket itu ukuran sensornya sekitar 25 – 43 mm persegi. Jadi peningkatan kualitas gambarnya pun sangat jauh.

Kamera dan minipod baru saya

NEX 5T saya nangkring diatas ultrapod mini

Saya beli body dan lensa kit nex-5t sekaligus. Lens kitnya bisa diretract, jadi ukurannya bisa kecil banget. Ini jadi penentu saya dalam memilih kamera ini. Waktu itu saya mempertimbangkan samsung nx300m juga yang punya fitur tidak jauh berbeda tetapi lebih murah sekitar 100,000 won. Tapi sayangnya kamera itu kit lensanya 18-55 mm dan gak bisa di retract akibatnya jadi panjang dan berat (untuk sebuah mirrorless).

Pedco Ultrapod Mini (20,000 won)

Panjangnya cuman 10 cm: bisa masuk kantong celana! Ada velco strap juga jadi bisa dipasang di tiang ato tangkai pohon. Pedco ini brand yang cukup terkenal di ranah tripod, ada yang sudah make tripod mini ini dekadean dan masih awet. Batas maksimum berat yang bisa ditampung oleh mini tripod ini adalah 3 pounds, jadi buat mirrorless saya yang cuman 330an gram sih cukup bangets..!!

Saya beli ini untuk selfie maupun night photography.

Joby Wrist Strap (13,500 won)

Sama Sony dikasihnya itu neck strap, neck strap itu kurang nyaman buat travelling, jadi saya beli wrist strap dari Joby. Nyaman dan strap nya ngelock sendiri kalo di lepas. Memberikan rasa aman untuk camera kesayangan.

UV Filter Kenko (9,500 won) + LCD Protector (4,000 won) + Mobyck Camera Case (25,000 won)

Aksesoris tambahan, biar camera dan lensanya awet.

Kesimpulan

Cameranya sih oke banget! Gambar2nya jernih dan tajam, dan desainnya kameranya keren, dibuat dari metal jadi keliatan mahal banget. Ukurannya kecil banget, sepertinya saya bakal banyak bawa kemana2. Dan sesuai kata pepatah nenek moyang kita, “Kamera yang terbaik adalah kamera yang anda bawa.”

Aksesoris yang lain juga saya puasss. Yang agak kecewa adalah LCD protector dan Camera Casenya. Protectornya ga anti fingerprint dan camera casenya sepertinya biasa saja, terlalu mahal untuk harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *